Memulai Bisnis Jasa Service AC Dengan Modal Minim

Bagi orang-orang yang telah memiliki skill dalam bisang mesin pendingin, tentu memiliki keinginan untuk membuka jasa service AC. Namun, tak sedikit dari mereka tidak mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan demi kelancaran bisnis yang satu ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, modal utama untuk membuka bisnis jasa service AC adalah skill atau kemampuan untuk memperbaiki sebuah mesin pendingin. Jangan sampai Anda bermodal tangan kosong untuk memulai bisnis ini.

Hal tersebut memiliki tujuan agar Anda dapat menganalisis serta memperbaiki keadaan mesin pendingin yang rusak, serta dapat menanganinya dengan cara yang tepat pula. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini tapi belum memiliki karyawan, jangan khawatir, karena beberapa hal yang perlu dipersiapkan dibawah ini dapat membantu Anda pebisnis pemula. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

a. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah tekad yang kuat ketika Anda hanya memiliki modal uang sementara belum memiliki skill yang mumpuni dalam bisnis jasa service AC.

b. Untuk meningkatkan skill Anda dalam memperbaiki AC, pelajari lah cara cleaning atau cuci AC. Freon AC bisa mempelajarinya melalui video-video di internet secara otodidak, langsung praktikan jika perlu.

c. Jika diperlukan, maka rekrutlah karyawan yang mengerti seluk beluk tentang listrik. Biasanya orang tersebut berasal dari jurusan SMK dengan konsentrasi listrik atau elektro. Tak hanya itu, Anda juga bisa merekrut teknisi yang sudah memiliki skill mumpuni, Anda juga bisa sekalian belajar mengenai komponen-komponen AC dan cara memperbaikinya ketika ada kerusakan.

d. Membeli peralatan yang akan menunjang Anda ataupun si teknisi. Beberapa peralatan tersebut di antaranya ialah:

1. Thermometer
Alat yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, seperti namanya, thermometer memiliki fungsi untuk mengukur suhu. Terdapat dua jenis thermometer, yakni thermometer manual dan digital. Perbedannya terletak pada air raksa yang digunakan untuk mengukur suhu. Air raksa hanya digunakan pada thermometer manual untuk mengukur suhu, sedangkan thermometer figital menggunakan sensor panas.

2. Dental Mirror
Dental Mirror (Cermin Kaca) memiliki fungsi untuk mendeteksi kebocoran yang sulit dijangkau, tak hanya itu cermin kaca ini juga berfungsi untuk memeriksa hasil dari pengelasan pipa. Seiring berkembangnya teknologi, perusahaan yang memproduksi alat ini hendak berinovasi dengan menambahkan fitur baru berupa lampu pada gagang atau pegangan dental mirror.

3. Gauge Mainfold
Alat berikutnya yang biasa digunakan oleh seorang teknisi AC Polarin Xinindo ialah Gauge Mainfold. Alat ini memiliki fungsi untuk memperbaiki serta mengukur pressure atau tekanan pada refigerant atau freon yang terdapat di dalam sistem pendingin sebuah AC. Tak hanya sistem yang terdaoat dalam AC, alat ini juga dapat mendeteksi freon yang terdapat dalam kulkas serta freezer. Ada dua jenis gauge mainfold, yakni gauge mainfold dua laluan dan empat laluan.

4. Brander atau Las
Brander atau las juga tak jarang digunakan oleh para teknisi. Alat ini berfungsi untuk menambal bagian pipa yang bocor. Tak hanya itu, brander juga berfungsi sebagai pelepas ataupun penyambung pada sambungan pipa sistem refrigator dan sistem pendingin AC. Alat ini juga biasanya dilengkapi dengan perak atau timah sebagai bahan penyambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*